Workshop Pendidikan dengan tema Meningkatkan Mutu Pendidikan Guna Mewujudkan Madrasah Hebar Bermartabat di Era Industri 4.0 oleh FORMASTA Kab. Tanggamus
Margodadi, 16 Januari 2020
Kegiatan Workshop Pendidikan yang diselenggarakan Forum RA dan Madrasah Swasta (Formasta) Kabupaten Tanggamus di Aula Hotel 21 Kecamatan Gisting, Kamis, 16 Januari 2020
Bapak H. MUHAMAD HASAN BASRI, S.Ag.,M.Pd sebagai Kasubag TU kabupaten Tanggamus dalam hal ini mewakili Ka. Kemenag Kab.
Tanggamus menyampaikan kegiatan ini merupakan salah satu untuk memenuhi standar
pendidikan diantara 8 Standar Pendidikan yaitu standar guru dan tenaga kependidikan.Kegiatan Worksop kali ini
yang mengusung tema meningkatkan mutu pendidikan guna mewujudkan madrasah hebat
bermartabat di era industri 4.0 sangatlah urgen dan relefan dengan kondisi
pendidikan saat ini, era industri 4.0 di tandai otomatisasi dan digitalisasi
untuk itu guru juga di tuntut untuk menguasai Information Tecnologi (IT) guna
menyuguhkan pendidikan berbasis IT yang lebih menarik dan berfareasi, beliau
juga menyapaikan bahwa pada era 4.0 guru bukan lah satu-satunya sumber belajar
atau sumber mencari ilmu pengetahuan bagi para siswa hal ini dikarenakan
informasi saat ini tersebar luas di dunia maya melalui sumber digital.Dalam era ini guru lebih
berperan sebagai fasilitator yang kreatif untuk membangun kelas atau
ruang pendidikan agar dapat hidup dan berkembang serta mampu melayani kebutuhan
para siswa akan informasi dan keteladanan.Era 4.0 juga ditandai
dengan proses globalisasi persaingan global karenanya guru madrasah juga
dituntut melahirkan para lulusan madrasah yang memili berbagai kompetensi,
paling tidak ada 5 kompetensi yang diperlukan pada siswa dalam dunia kerja di
pasar global.1. Kompetensi berfikir kritis dan penyelesaina masalah
2. Kompetensi komunikasi global
3. Kompetensi kolaborasi
4. Kompetensi penguasaan penguasaan IT
5. Kompetensi kreatifitas dan inofasi
Agar madrasah memiliki guru-guru yang berkompeten yang menguasai IT memiliki kemampuan sebagai fasilitator yang kreatif dan memiliki kinerja yang baik tentunya juga sangan bergantung dengan kinerja kepala madrasah, hal ini pada hakekatnya kepala madrasah adalah seorang tenaga fungsional guru yang memahami dan menguasai kemampuan managerial dan kepemimpinan yang efektif. (IFAN)